500 Besar ADWI 2023


 Anugerah Desa Wisata Indonesi (ADWI) Tahun 2023 kembali digelar dan telah sampai pada tahap kurasi serta pengumuman 500 besar. Pada tahun tahun ini telah terjaring 4.573 Desa wisata yang mendaftar, dari 7.775 Desa wisata yang tersebar diseluruh indonesia.

Adapun penilaian ADWI 2023 terbagi dalam 5 kategori, yaitu :
1.Kategori Daya Tarik Pengunjung
2.Kategori Homestay dan Toilet
3.Kategori Suvenir
4.Kategori Digital dan Kreatif
5.Kategori Kelembagaan desa wisata dan CHSE.

Sedikit berbeda dari ADWI 2 tahun sebelum nya, pada Penyelenggaraan ADWI 2023 ini dipilih hingga 75 besar yang pada tahun tahun sebelumnya hanya sebatas 50 besar saja yang nantinya berkesempatan dikunjungi oleh menteri ekonomi kreatif, bapak sandiaga uno.

Pada penyelenggaraan ADWI tahun ini desa wisata penembang berhasil menembus 500 besar ADWI 2023 dan berpeluang bersama 7 desa wisata lain nya di provinsi bengkulu untuk menembus 300 hingga 75 besar nantinya.

Ketua pokdarwis pesona penembang cukup optimis bahwa tahun ini desa wisata penembang dapat bersaing dengan desa wisata lain nya di indonesia, karena berkaca dari tahun tahun sebelum nya bahwa pada ADWI 2021 tembus di 300 besar dan pada ADWI tahun lalu (2022) desa wisata penembang masuk di 100 besar desa wisata se indonesia. Ditambah lagi desa wisata penembang sudah perlahan berbenah melengkapi sarana prasarana wisata desa diantaranya pembangunan resort , serta fasilitas pendukung lain nya.

Terpisah kepala desa penembang "suandi" menyatakan optimis tahun ini desa penembang dapat melaju ke 75 besar, beliau mengajak seluruh elemen khususnya didesa untuk serius mempersiapkan diri , tambah kompak dan tambah solid katanya, baik pokdarwis, karang taruna, pemerintah desa dan bpd, serta masyarakat harus saling bahu membahu dan bekerjasama, insyaallah tahun ini kita bisa, pungkas beliau.

Desa wisata yang baru saja menyelenggarakan event desa wisata pertama di provinsi bengkulu yang bertajuk "Penembang Fest 2022" ini selanjutnya akan bertarung dengan 499 desa wisata lain nya untuk melaju ke tahap 300 besar, hingga nanti mengerucut ke 75 besar ADWI 2023, Semoga penembang bisa..!!!

Posting Komentar

0 Komentar